Efek Lapisan Batas (Boundary Layer) pada Skin Friction Drag
DOI:
https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.173Kata Kunci:
Lapisan Batas, Skin Friction Drag, Pelat, bilangan ReynoldAbstrak
Telah dilakukan penelitian terhadap pengaruh lapisan batas (boundary layer) terhadap koefisien Skin Friction Drag. Percobaan dilakukan dengan cara mengalirkan variasi kecepatan aliran pada permukaan pelat halus dan kasar, lalu dibandingkan bagaimana karakter lapisan batas dan kaitannya dengan koefisien Skin Friction Drag Cf. Masalah yang diteliti adalah bagaimana ketebalan lapisan batas terhadap variasi kecepatan aliran, besarnya perbedaan antara tebal lapisan teoritik dan real yang diukur, besarnya bilangan Reynold Re pada pelat pada jarak dari leading edge terhadap variasi kecepatan aliran serta bagaimana efek variasi kecepatan terhadap nilai Cf. Didapatkan bahwa tebal lapisan batas untuk pelat kasar memang lebih tebal dibandingkan dengan pelat halus.Variasi kecepatan pada pelat halus dan kasar sama sama menunjukkan sifat aliran laminar dengan nilai Re dibawah 500000, sedangkan yang berkarakter turbulen ditemukan pelat halus dengan kecepatan 30,98 m/s di titik 25 cm. Nilai Cf cenderung menurun untuk kecepatan menaik untuk pelat halus dengan aliran laminar dan naik pada saat kecepatan 30,98 m/s. Sedangkan nilai Cf untuk pelat kasar mengalami penurunan juga untuk kecepatan naik hingga 30,98 m/s. Disarankan penelitian dilakukan dengan variasi kecepatan yang lebih tinggi dari 30,98 m/s untuk memahami perilaku Cf pada pelat halus dan kasar untuk kecepatan yang lebih tinggi terutama yang aliran termampatkan dengan kecepatan sekitar 100 m/s.
Unduhan
Referensi
Anderson, A., Fundamentals of Aerodynamics, Mc.Grawhill,Edisi 6,New York, 2017.
Riefler,Guy, Friction Drag, Ohio University, video Youtube, 2011
Markland,E, A First Course in Airflow,TecQuipment, U.K.,2016
Flight Club, What is Drag?, no date, You Tube, 2015