Analisis Penerapan Virtual Private Network Menggunakan Tools Hacking

  • Amarudin Amarudin Teknk Elektro/Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung, Indonesia
  • Sampurna Dadi Riskiono Teknk Elektro/Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung, Indonesia
Keywords: Network Security, Virtual Private Network, Tools Hacking, Denial of Service, Snifing

Abstract

Akhir-akhir ini sudah mulai banyak perusahaan yang memanfaatkan protokol Virtual Private Network (VPN) sebagai media akses/komunikasi antar jaringan interlokal. VPN adalah sebuah protokol keamanan jaringan yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keamanan jaringan dari sisi transmisi data. Dengan pemanfaatan VPN, koneksi antar jaringan dapat terbentuk secara virtual walaupun tidak terbentuk secara fisik. Selain itu, dengan memanfaatkan protokol VPN, user (client) dapat mengkases Server secara private melalui jaringan public. Dengan demikian komunikasi antara Client dan Server terjaga dari Sniffing (penyadapan) dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Akan tetap tingkat keamanan yang dihasilkan dari penerapan VPN ini perlu dilakukan pengkajian yang lebih dalam. Sehingga tingkat keamanannya dapat diketahui apakah sudah termasuk dalam kategori aman ataukah masih ada peluang bug yang membahayakan dari penetrasi. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian Scanning dan Sniffing pada penerapan VPN menggunakan toos hacking yaitu Nmap dan Wireshark. Sedangkan pengujian performansi service pada VPN Server, dilakukan pengujian Denial of Service (DoS) menggunakan tools hacking yaitu LOIC. Adapun objek penelitian ini adalah perangkat Mikrotik RouterOS yang digunakan pada Universitas Teknokrat Indonesia. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa komunikasi data antar jaringan (antara VPN Server dan VPN Client) dapat terenkripsi dengan baik. Akan tetapi dari segi konektifitas antar jaringan sangat dipengaruhi oleh performansi bandwidth yang digunakan oleh sistem jaringan tersebut. Selain itu berdasarkan hasil pengujian performansi service pada VPN Server didapatkan hasil bahwa service pada VPN Server dapat dimatikan pada request (ping) sebesar 1.899.276 request. Hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat Mikrotik RouterOS yang digunakan. Adapun untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan pengujian performansi konektifitas menggunakan bandwith yang lebih besar dan untuk menguji performansi service VPN Server menggunakan spesifikasi perangkat Mikrotik yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bimo, “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia - PakarKomunikasi.com,” 2019. [Online]. Available: https://pakarkomunikasi.com/perkembangan-teknologi-informasi-di-indonesia. [Accessed: 12-Aug-2019].

Kominfo, “Kementerian Komunikasi dan Informatika,” 2019. [Online]. Available: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker. [Accessed: 12-Jul-2019].

F. E. Rasjid, “Hacker Dan Cracker | Universitas Surabaya (UBAYA),” 2018. [Online]. Available: https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/148/Hacker-dan-Cracker.html. [Accessed: 12-Jul-2019].

Admin, “Serangan Virus Ransomware Wannacry Gegerkan Dunia,” Jawapos, 2017. [Online]. Available: https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/31/12/2017/serangan-virus-ransomware-wannacry-gegerkan-dunia/. [Accessed: 12-Aug-2019].

Mikrotik, “Mikrotik.ID : Pemilihan Tipe VPN,” 2019. [Online]. Available: https://mikrotik.id/artikel_lihat.php?id=61. [Accessed: 12-Jul-2019].

A. Yoga, “Mikrotik.ID : Konfigurasi VPN PPTP pada Mikrotik,” Mikrotik, 2018. [Online]. Available: http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43. [Accessed: 01-May-2019].

I. Efendi, “Perbedaan Hacker dan Cracker | IT-Jurnal.com,” 2019. [Online]. Available: https://www.it-jurnal.com/perbedaan-hacker-dan-cracker/. [Accessed: 13-Aug-2019].

Julismail, “Kajian 3: Scanning Network | Jul Ismail,” 2019. [Online]. Available: https://julismail.staff.telkomuniversity.ac.id/scanning-network/. [Accessed: 16-Aug-2019].

L. N. Niswati, “Sniffing? Cain & Abel Saja! : IlmuKomputer.Com,” 2007. [Online]. Available: https://ilmukomputer.org/2007/03/27/sniffing-cain-abel-saja/. [Accessed: 16-Jul-2019].

K. N. Fitria, “‘Sniffing’ Password dengan Wireshark,” pp. 1–4, 2007.

Noname, “Mengenal Apa itu Exploit (Komputer) - Definisi TI Berita Bebas,” 2019. [Online]. Available: https://www.beritabebas.com/definisi/computer-exploit/. [Accessed: 16-Aug-2019].

R. Wicaksono, “Memahami Serangan Denial of Service – Ilmu Hacking,” 2009. [Online]. Available: https://www.ilmuhacking.com/web-security/memahami-serangan-denial-of-service/. [Accessed: 15-Aug-2019].


Anonim, “Pengertian dan Fungsi Wireshark, sisi Hacker vs Administrator Jaringan,” 2017. [Online]. Available: https://meretas.com/wireshark-adalah/. [Accessed: 05-Aug-2019].

Wikipedia, “Nmap - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas,” 2019. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Nmap. [Accessed: 17-Jun-2019].

Salman, “Weblet Importer,” 2019. [Online]. Available: http://salmantkj48.blogspot.com/2015/02/pengertian-mikrotik-fungsinya.html. [Accessed: 10-Jun-2019].

Mikrotik, “Jual MikroTik RB450 - harga bersaing, spesifikasi lengkap, kualitas dan aftersales terjamin,” Jogjabolic, 2019. [Online]. Available: http://www.jogjabolic.id/shop/mikrotik-rb450/. [Accessed: 11-Aug-2019].

A. Amarudin and S. D. Riskiono, “Analisis dan Desain Jalur Transmisi Jaringan Alternatif Menggunakan Virtual Private Network (VPN),” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 2, pp. 100–106, 2019.
Published
2021-03-06
How to Cite
Amarudin, A., & Riskiono, S. (2021). Analisis Penerapan Virtual Private Network Menggunakan Tools Hacking. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 103-112. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/61

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.