Pemodelan dan Simulasi Separasi Bom Jatuh-Bebas dengan Pendekatan Quasi-Steady

  • Handoko Handoko Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU, Bandung, Indonesia
  • Yorgi Ardiano Ndaomanu PT Regio Aviasi Industri, Bandung, Indonesia
  • Ilman Putra Pamungkas PT Regio Aviasi Industri, Bandung, Indonesia
  • Indra Permana PT Regio Aviasi Industri, Bandung, Indonesia
Keywords: bom jatuh-bebas, CFD, store-separation, 6 Degree of Freedoms

Abstract

Bom jatuh-bebas merupakan persenjataan udara yang sering digunakan untuk keperluan latihan dan pertempuran. Desain dari bom tersebut harus memenuhi standar aspek keamanan dan prestasi terbang yang baik dan akurat, sehingga misi bisa diselesaikan dengan baik. Salah satu aspek kemanan yang perlu diidentifikasi dalam desain bom adalah lintasan bom ketika sesaat setelah diluncurkan dari pesawat atau lebih dikenal dengan fenomena Store Separation. Fenomena ini perlu dikaji dengan baik, sehingga bom dapat melintas dengan lintasan yang diinginkan dan tidak berakibat fatal terhadap pesawat dan kru didalamnya. Studi kali ini mengkaji tentang fenomena store separation pada Bom MK-82 ketika dilepaskan dari Sayap Pesawat F-16. Beberapa faktor yang mempengaruhi lintasan bom sesaat setelah dilepaskan dari pesawat antara lain adalah gaya dan momen aerodinamika bom serta efek interferensinya dengan sayap pesawat. Selain itu, karakteristik inersia bom dan ejector bom juga berperan penting dalam menentukan lintasan bom. Dalam studi kali ini, gaya dan momen aerodinamika Bom serta efek interferensi dengan Sayap Pesawat diprediksi dengan menggunakan CFD dengan analisis steady. Koefisien aerodinamika tersebut kemudian dijadikan input untuk model 6 derajat kebebasan Bom untuk melihat bagaimana lintasan terbang Bom sesaat setelah dilepaskan dari pesawat. Tiga kasus manuver pelepasan bom dianalisis dalam studi kali ini, yaitu Level Bombing, Dive Bombing, dan Toss Bombing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allerton, D., “Principles of Flight Simulation”, John Wiley & Sons, Ltd., 2009.

Durham, W., “Aircraft Flight Dynamics and Control”, John Wiley & Sons, Ltd., 2013.

Khrisnamoorty, L.V., Kirk, D.R., and Glass, R., “An Aerodynamic Database for The MK-82 General Purpose Low Drag Bomb”, Melbourne: DSTO Aeronautical and Maritime Research Laboratory, DSTO-TR-0554, 1997.

Lockheed Martin Corporation, “T.O. GR1F-16CJ-1 Flight Manual F-16C/D”, 1996.

Shilo, M.A., “Six Degree of Freedom Flight Dynamic Model of a MK-82 Store”, Melbourne: DSTO Aeronautical Research Laboratory, 1994.

Siouris, G.M., “Missile Guidance and Control Systems”, Springer-Verlag New York, Inc., 2004.

Stevens, B.L., Lewis, F.L., and Johnson, E.N., “Aircraft Control and Simulation”, Third Edition, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2016.

Yogaswara, Y.H., “Pemodelan dan Simulasi Terbang Bom MK-82 LDGP”, Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012, 01-33, 267-276.

Zyluk, A., “Experimental Validation of Mathematical Model Describing External Stores Separation”, Journal of Theoretical and Applied Mechanics, 43, 4, pp. 855-873, Warsaw, 2005.

Published
2021-01-16
How to Cite
Handoko, H., Ndaomanu, Y., Pamungkas, I., & Permana, I. (2021). Pemodelan dan Simulasi Separasi Bom Jatuh-Bebas dengan Pendekatan Quasi-Steady. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 1-8. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/38

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.