Hungarian Algoritma Analisis Algoritma Hungarian Dalam Penentuan Model Pembagian Kerja Guna Efektifitas Kegiatan Pemeliharaan Lingkungan

  • Budi Mardian Akademi Angkatan Udara

Abstract

Persoalan penugasan (assignment) terkait erat dengan teknik membuat model penugasan yaitu membuat tabel pembagian tugas yang efektif dengan memperhatikan faktor-faktor pendukung dari sumber daya yang ada. Beberapa pertimbangan  untuk mencapai hasil optimal diantaranya adalah kesiapan sumber daya yang produktif, efektif dan efisien.Salah satu cara membuat model penugasan adalah dengan menggunakan algoritma Hungarian. Untuk dapat menerapkan algoritma Hungarian, jumlah sumber-sumber yang ditugaskan harus sama dengan jumlah tujuan yang akan diselesaikan. Selain itu, masing-masing sumber harus ditugaskan hanya untuk satu tujuan. Prinsip dasar algoritma hungarian adalah memilihkan setiap satu job hanya untuk satu pekerja, misalnya dalam hal pembagian area kerja untuk pemeliharaan lingkungan di sekitar ksatrian AAU. Data yang diuji terdiri dari 14 kelompok kerja dan 14 area kerja, dengan nilai-nilai pilihan prioritas dari 1-14. 

Dari hasil pengolahan data didapat nilai optimal sebesar 22 mendekati nilai minimal 14. Nilai optimal 22 merupakan total nilai pilihan prioritas terbaik, sehingga tabel penugasan yang terbentuk hampir memenuhi keinginan seluruh kelompok kerja. Akurasi hasil olah data algoritma hungarian dapat diukur dengan menggunakan solver pada microsoft excel dan module assignment pada software operation research POM-QM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noer, B.A., (2010), Riset Operasional, Yogyakarta.

Morse, P. M., Kimball, G. E., & Gass, S. I. (2003), Methods of operations research, Courier Corporation.

Taha, H. A., (2007), Operations Research an Introduction, 8th Edition, Pearson Prentice Hall, Pearson Education, Inc.

Taha, Hamdy A., (1993), Operations Research an Introduction, Edisi ketiga. Macmillan Publishing Co, New York.

Putra Dian Perdhan, P.D., (2013), Penerapan Hungarian Method Untuk Menyelesaikan Personnel Assignmenet problem, Bandung, Artikel Teknik Informatika.

Ndruru, E., Waruwu, F. T., & Yanny, A. (2017). Alokasi Pekerja Pada Suatu Proyek Dengan Metode Hungarian (Studi Kasus: Pt. Ira Widya Utama Medan). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 1(1).

Aminuddin. (2005), Prinsip-prinsip Riset Operasi, Jakarta, Erlangga.

Hillier, F. S., & Lieberman, G. J. (2010), Introduction to Operation Research Ninth Edition, New York, McGraw-Hill.

Wijaya, A., (2013), Pengantar Riset Operasi , (Edisi 3), Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media.

Supranto, J., (2006), Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan, (Edisi Revisi). Jakarta.

Heizer, Jay dan Rander, Barry. (2015), Manajemen Operasi. Edisi Sebelas, Jakarta, Salemba Empat.

Riani, T., Ketut, T.T., & Kartika, S., (2021), Analisis Sensivitas Model Penugasan Dengan Metode Hungarian, E-Jurnal Matematika, Vol. 10 (1), 41-45.

Khairurradziqina, Ahmad, Dzakiyatul, Fahmi, & Handikad., (2020), Penerapan Metode Hungarian Dalam Penugasan Dosen Pengampu Mata Kuliah Prodi Matematika Fmipa Universitas Mataram, Eigen Mathematics Journal, Vol.3 No. 2.

Published
2022-10-31
How to Cite
Mardian, B. (2022). Hungarian Algoritma Analisis Algoritma Hungarian Dalam Penentuan Model Pembagian Kerja Guna Efektifitas Kegiatan Pemeliharaan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 4, 223-241. https://doi.org/10.54706/senastindo.v4.2022.198

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.