Remote Control Based On Internet of Things

  • Hafiz Mukhsin Program Studi Teknik Elektro, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Bekti Yulianti Program Studi Teknik Elektro, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Sebagian besar perangkat elektronik pada saat ini dilengkapi dengan remote control sehingga pengguna dapat mengaktifkan dan mengontrol peralatan tersebut dari jarak tertentu. Permasalahan yang timbul setiap peralatan elektronik memiliki remote control yang berbeda. Ini menjadi tidak praktis apabila di rumah terdapat banyak peralatan elektronik. Perancangan remote control menggunakan aplikasi TUYA pada tulisan ini dan diintegrasikan smart system untuk menjalankan perintah otomatisasi dan fitur “one push” yang bekerja untuk mengendalikan perangkat elektronik tersebut. Selain itu pada remote control ini juga rancang berdasarkan titik GPS atau koordinat dari smartphone pengguna , jika pengguna meninggalkan titik lokasi maka alat electronik akan mati begitu pula sebaliknya. Untuk menghemat penggunaan daya dan juga effisiensi pada alat disetting otomatisasi dimana alat elektronik akan mati dan menyala sesuai waktu yang telah ditentukan. Berdasarkan uji coba semua peralatan elektronik berjalan jika konektifitas stabil, tidak memerlukan kuota yang banyak dan koneksi cepat. Jarak jangkauan antara remote dan router yaitu 29,79 Meter dengan free space lose sebesar 2,295 dB/km.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-26
How to Cite
Mukhsin, H., & Yulianti, B. (2021). Remote Control Based On Internet of Things. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 157 - 168. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.135

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.