Riset Pesawat Udara Nir Awak di FTMD ITB: Pengembangan, Hasil, dan Lessons Learned

  • Nathan Nathan Teknik Dirgantara, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia
  • Edwin Aldrian Santoso Teknik Dirgantara, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia
  • Yazdi Ibrahim Jenie Teknik Dirgantara, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung, Bandung, Indonesia
Keywords: UAV, FTMD ITB, MAV/NAV, HALE, Folding Wing

Abstract

Artikel ini menjabarkan beberapa kegiatan riset di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung (FTMD-ITB), yang berfokus pada Pesawat Udara Nir Awak, atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Wahana UAV yang telah berkembang pesat dan sangat populer di dunia maupun di Indonesia untuk keperluan sipil, pada awalnya dikembangkan di ranah militer. Hingga kini, perkembangannya di ranah militer untuk teknologi UAV terus berjalan dengan pesat untuk mendukung daya gerak dan daya gempur dalam menyelesaikan berbagai misi tempur modern. Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi UAV, riset pada teknologi tersebut, di berbagai lembaga riset nasional, termasuk di FMTD-ITB juga semakin banyak dan bervariasi. Meskipun demikian, hingga saat ini dapat dikatakan bahwa riset-riset tersebut belum mencapai hasil yang diinginkan, utamanya dalam segi Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT)nya. Artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi FMTD-ITB sendiri secara khusus, dan instansi riset lainnya secara umum, untuk dapat melaksanakan kegiatan riset yang lebih baik, hingga dapat berkonstribusi pada penguasaan teknologi UAV di Indonesia, baik di ranah sipil, maupun di ranah militer. Dari berbagai riset UAV yang dilakukan di FTMD-ITB, tiga tipe UAV akan dijabarkan pada artikel ini, yakni MAV/NAV, HALE, dan Folding Wing. Ketiganya memiliki kesamaan dari segi luarannya yang harus berupa suatu produk. Dari ketiganya diketahui, bahwa riset pengembangan produk UAV haruslah didukung oleh fasilitas di lembaga riset, baik untuk manufaktur cepat, maupun untuk pengujian terbang, karena sifatnya yang tidak konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeGarmo, M T, Nelson, G M, Prospective Unmanned Aerial Vehicle Operations in the Future National Airspace System, in AIAA 4th Aviation Technology, Integration, and Operations Forum, ATIO(AIAA, 2004) pp. 172–179

K. Dalamagkidis, K.P. Valavanis, and L.A. Piegl, On Integrating Unmanned Aircraft Systems into the National Airspace System, In the Internatioal Series on Intelligent Systems, Contorl and Automation: Science and Engineering, Vol. 36 (Springer Science+Business Media, 2009)

Faber Y. Silitonga and M. Agoes Moelyadi, Comparative Study of Wing Lift Distribution Analysis for High Altitude Long Endurance (HALE) Unmaned Aerial Vehicle, J. Phys.: Conf. Ser. 1005 012036

Nurhayyan H. Rosid et al. 2018. Aerodynamic Characteristics of Tube-Launched Tandem Wing Unmanned Aerial Vehicle. J. Phys.: Conf. Ser. 1005 01201
Published
2021-10-17
How to Cite
Nathan, N., Santoso, E., & Jenie, Y. (2021). Riset Pesawat Udara Nir Awak di FTMD ITB: Pengembangan, Hasil, dan Lessons Learned. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 261-268. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/111

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.