Sistem Identifikasi Kerusakan Mesin Pada Pesawat Bravo AS202 Menggunakan Backward Chaining

  • Astika Ayuningtyas Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Mulyani Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta, Indonesia
  • Erni Jumiyanti Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta, Indonesia
  • Erni Jumiyanti Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Bravo AS202, Backward Chaining, Website

Abstract

Kecelakaan pesawat komersil ataupun militer banyak mengakibatkan banyak korban, selain itu memberikan banyak kerugian bagi semua pihak. Kecelakaan pesawat militer yang telah terjadi selama ini selalu dikaitkan dengan banyak faktor seperti: human error, climate, maupun kerusakan engine. Dalam mengurangi resiko kerusakan pesawat militer maka dibutuhkan perawatan pada pesawat. Pada penelitian ini membahas tentang perancangan dan penerapan perangkat lunak berbasis Website pada sebuah mesin pesawat militer latih yaitu Pesawat Bravo dengan seri AS202. Adanya sistem ini mampu digunakan untuk mengetahui gejala kerusakan dalam mesin pesawat di luar perawatan (Inspection) menggunakan pendekatan Backward Chaining, untuk menentukan sebuah fakta yang mendukung hipotesa-hipotesa tersebut, dengan pendekatan yang ada diharapkan mampu untuk mengidentifikasi adanya kerusakan pada mesin Pesawat Bravo AS202. Hasilnya adalah sebuah aplikasi berbasis Website yang berfungsi sebagai sistem identifikasi kerusakan mesin yang mempermudah teknisi dalam mencari informasi kerusakan pada mesin Pesawat Bravo AS202.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyani, 2018. Analisis Kerusakan Ignition pada Pesawat Cessna Grand Caravan 208B Menggunakan Backward Chaining. Laporan Penelitian Internal STTA.

A, O’Brien, James. Introducing to Information System. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2006.

Technical Type Rating AS202 BRAVO /18 A3.

Russell,S.J and Peter Norvig, P. Artificial Intelligence A modern Approach .Third Edition. Pearson Education. New Jersey, 2010.
Published
2021-10-17
How to Cite
Ayuningtyas, A., Mulyani, S., Jumiyanti, E., & Jumiyanti, E. (2021). Sistem Identifikasi Kerusakan Mesin Pada Pesawat Bravo AS202 Menggunakan Backward Chaining. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 231-240. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/108

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.