Rancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Dengan Macromedia Dreamweaver dan MySQL

  • Reni Haerani
  • Dera Nugraha Politeknik PGRI Banten, Cilegon, Indonesia
Keywords: Rancangan Aplikasi, Waterfall, Macromedia Dreamweaver, MySQL, Web Offline

Abstract

PT. Fastfood Indonesia yang dikenal sebagai KFC merupakan perusahaan yang bergerak di dalam bidang pelayanan jasa restoran cepat saji, menghendaki peningkatan kinerja dari teknologi informasi dari sistem kasir yang kurang efektif dan efisien dalam hal pemesanan makanan. Dari sistem pemesanan makanan secara antri yang memerlukan waktu lama dalam hal pemesanan, PT. Fastfood Indonesia menginginkan pemanfaatan teknologi yang lebih canggih yang memungkinkan untuk mempercepat pelayanan untuk customer. Tujuan dari Rancangan Aplikasi pemesanan makanan ini adalah mempermudah customer dalam hal pemesanan makanan agar lebih efektif dan efisien serta meminimalisir kesalahan pengantaran pesanan makanan ke customer. Untuk mendukung pembuatan aplikasi ini, penulis melakukan studi kasus menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode literature, wawancara dan observasi. Alat yang digunakan untuk merancang system Diagram Konteks, Data Flow Diagram, Normalisasi, Relasi Antar Tabel, Entity Relationship Diagram. Metode perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall, dan sistem informasinya dibangun mengunakan pemrograman Macromedia Dreamweaver dan MySql sebagai Databasenya. Fokus penelitian lebih menitik beratkan pada proses pemesanan berbasis Web Offline. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi pemesanan makanan menggunakan gadget yang tersambung oleh wifi restoran tersebut yang menampilkan menu – menu pilihan. Jika customer sudah mengirim data menunya akan muncul di tampilan kasir untuk di proses. Dengan adanya sistem ini diharapkan memudahkan perusahaan tersebut dalam melaksanakan proses secara terencana. Berdasarkan hasil perancangan aplikasi ini maka dapat mengurangi permasalahan seperti penumpukan antrian, kesulitan dalam pengantaran pesanan, pelayanan yang diberikan, dan mampu mengolah data pemesanan dengan lebih baik dan juga memiliki pengolahan penyajian laporan yang lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kristianto, Andi. 2010. “Sistem Informasi dan Aplikasi‖, Gava Media, Yogyakarta

Hikmah, Agung Baitul. 2015. ―Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi, Kasus”, Andi, Yogyakarta.

Rohman, M.Si., Apt, Dr Abdul. 2011. ―Analisis Bahan Pangan”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

McLeod Jr, Raymond & George P. Schell. 2012. "Sistem Informasi Manajemen" , Salemba Empat, Jakarta.

Priyadi, Yudi. 2014. ―Kolaborasi SQL dan ERD dalam Implementasi Database", Andi, Yogyakarta

Raharjo. Suwanto. 2004. Teori. Analisa dan Implementasi Jaringan Tanpa Disk. Pada GNU/Linux. Andi. Yogyakarta.

Shalahuddin M dan .S. Rosa. 2011. "Rekayasa Perangkat Lunak". Modula, Bandung.

Supono. 2016. ―Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter”, Deepublish, Yogyakarta

Sumarwan, Ujang. 2009.‖ Pemasaran Strategik”, Inti Prima, Jakarta

Suryatiningsih. 2009. "Pemrogram Web". Bandung : Politeknik Telkom.

Kadir, Abdul, "Pengenalan Sistem Informasi", Andi Offset, Yogyakarta 2003.

Raharjo, Budi, "Belajar Otodidak MySQL", Ed.1. Bandung : Informatika Bandung, 2015.

Rosa A. S. Dan M. Salahudin, 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung. 2015.

Liliany Candra dan Ari Amir Alkodri. "Aplikasi Pemesanan Makanan Pada Bangka Original Café Berbasis Client Server Dengan Platform Android", Jurnal SISFOKOM, Volume 03, Nomor 02, September 2014.

Rahman, Fauzi, dan Santoso. "Aplikasi Pemesanan Undangan Online". Jurnal Sains dan Informatika. Vol. 1, No. 2:hal. 78-87. 2015.

Busran, dan Wina Anggraini. "Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Berbasis Sistem Informasi Android" . Jurnal TEKNOIF. Vol.4, No. 1: Hal. 57-60.2016.

Nugroho, Hary dan Sartika Aprilia Siagian. "Analisis Bandwidth Jaringan Wifi Studi Kasus Di Telkom Jakarta Pusat". Jurnal ICT Penelitian dan Penerapan Teknologi. Vol. 4, No. 6: Hal.37.2013.

Wahana Komputer. 2014. "Sistem Informasi Penjualan Online untuk Tugas Akhir". C.V. Andi Offset. Yogyakarta.

Nugroho, Bunafir. 2010. "Membuat Aplikasi Database Dengan JAVA, MYSQL, dan NETBEANS", PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sanodiya, Rakesh Kumar, Sanjeev Sharma, Varsha Sharma. "A Highest Response Ratio Next (HRRN) Algorthm Based Load Balancing Policy For Cloud Computing." International Journal Of Computer Science Trends and Technology (IJCST). Vol. 4 Issue 1: Hal.74. 2015.
Published
2021-10-17
How to Cite
Haerani, R., & Nugraha, D. (2021). Rancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Dengan Macromedia Dreamweaver dan MySQL. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 203-210. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/105

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.