Rancang Bangun Sistem Pengendalian dan Monitoring di Tambak Udang

  • Muhammad Sabil Oktavian Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
  • Almira Budiyanto Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
  • Dzata Farahiyah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
  • Dzata Farahiyah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia
  • Hendri Himawan Triharminto Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Monitoring, sensor suhu, sensor level, Buzzer, Arduino Uno, ESP 8266-01, Database

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah purwarupa kolam tambak udang. Pembuatan ini alat ini dirancang dengan menggunakan sebuah wadah dengan ukuran 17cmx11cmx10cm, dan sebuah motor servo, sensor suhu DS18b20, sensor Ultrasonik HC-SR04 dan buzzer sebagai tanda peringatan (Alarm) didalamnya. Pada pengendalian suhu air, motor servo direkatkan pada dua kran air yang masing-masing berfungsi untuk mengalirkan aliran air panas dan air dingin untuk mengatur suhu air pada wadah. Pada pengujian, motor servo membutuhkan waktu jeda selama 0,2 detik untuk menggerakan motor. Kemudian pada pengendalian level air menggunakan pompa air yang disuplai 3,3 VDC dan membuang air ke bak pembuangan. Perancangan sistem monitoring dilakukan dengan mengirimkan data Arduino ke database melalui Modul internet ESP 8266-01, dan kemudian akan di tampilkan di tampilan User. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dibuat dapat mengendalikan suhu dan level pada air sesuai dengan nilai set point yang telah ditentukan, dan dapat memonitoring nilai suhu dan level air secara real-time.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. J. P. Budidaya, ―Kementrian Kelautan dan Perikanan, https://kkp.go.id/djpb/artikel/8688-kkp-budidayaudang-masih-sangat-potensial, 2018.

A Mappa ―Sistem pengendalian kadar ph , suhu , dan level air, Electro Luceat (JEC) , Vol 1, No. 1, pp.1–4, 2015.

D. Lumbantoruan, ―Rancang bangun sistem monitoring, semin. Nas. Teknol. Inf. 2016, pp. 159–165, 2016.

M. F. Fuady, ―Pengaruh pengelolaan kualitas air terhadap tingkat kelulushidupan dan laju pertumbuhan udang vaname (litopenaeus vannamei) di di PT. Indokor bangun desa, yogyakarta, vol. 2, pp.155–162, 2013.

H. Anwar, I. D. P. Hermida, dan Waslaluddin, ―rancang bangun sistem telemetri wireless realtime monitoring kualitas air terintregrasi dengan automatic sampling dan aplikasi, dep. Pendidik. Fis. Fak. Pendidik. Mat. Dan ilmu pengetah. Alam univ. Pendidik. Indones., vol. 3, no. 3, 2015.

G. Wiranto and I. D. P. Hermida, ―pembuatan sistem monitoring kualitas air secara real time dan aplikasinya dalam, teknol. Indones., vol. 33, no. 2, pp. 107–113, 2012.

A. F. Machzar, S. R. Akbar, and H. Fitriah, ―implementasi sistem monitoring kualitas air pada budidaya tambak udang dan bandeng, vol. 2, no. 10, pp.3458–3465, 2018.

Y. Maulana, G. Wiranto, dan D. Kurniawan, ―Online monitoring kualitas air pada budidaya udang berbasis wsn dan IoT, Inkom, Vol.10, No.2, 2016.

T. Wifi and a. Member, ―esp-01 01 wifi module, 2015.

I. A. Rozaq and N. Y. Ds, ―uji karakterisasi sensor suhu ds18b20 waterproof berbasis arduino sebagai salah satu parameter kualitas air, progr. Stud. Tek. Elektro, fak. Tek. Univ. Muria kudus, 2017.
Published
2021-10-17
How to Cite
Oktavian, M., Budiyanto, A., Farahiyah, D., Farahiyah, D., & Triharminto, H. (2021). Rancang Bangun Sistem Pengendalian dan Monitoring di Tambak Udang. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 183-194. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/103

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.