Kamera CMUCam2 untuk Hadirnya Fully Undetected Submarine

  • Vicky Pramana Putra
  • Fairus Jamil Rizqullah Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
Keywords: CMUCam2, fully undetected, industri, militer, mutakhir

Abstract

Dalam masa revolusi industri 4.0 semua peralatan yang digunakan atau diaplikasikan untuk mendukung suatu industri terhubung dengan koneksi internet atau daring (dalam jaringan). Dalam industri militer juga turut sangat dibutuhkan inovasi-inovasi terkini untuk meningkatkan kualitas dan performa kekuatan militer TNI (Tentara Nasional Indonesia). Untuk kapal selam, teknologi fully undetected sangat dibutuhkan dalam medan tugasnya yang mayoritas dan sebagian besar berada di dalam laut. Oleh karena itu, adanya kamera CMUCam2 seakan menjawab tantangan zaman dalam dunia industri militer. CMUCam2 ini merupakan gabungan antara kamera Omnivision CMOS OV6620 atau OV7620 dengan Mikrokontroler SX52. Dengan adanya kamera CMUCam2 ini dapat direalisasikan adanya kapal selam yang benar-benar fully undetected atau tidak terlihat secara sempurna, bahkan bisa disebut sebagai kapal selam siluman. Kamera tersebut nantinya diletakkan pada bagian atas dan mengelilingi kapal selam. Dengan sensor proximity, kepal selam tersebut juga akan dapat membedakan mana kapal selam musuh dan mana kapal selam kawan karena kemampuannya dalam mendeteksi adanya suatu objek di sekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Sigit, A. Husein, Setiawardhana, H. Oktavianto, A. Hendriawan, O. Setiaji, B. Sena Bayu, P. Susetyowardhana ―Research on Maneuvering Decision for Multi-fighter Cooperative Air Combat, in International Conference on Intelligent Human-Machine Systems and Cybernetics, 2009. IHMSC ’09, 2009, vol. 1, pp. 197–200.

Doko, Hardy Boyfanda., Aplikasi Modul Sensor Kamera Pada Robot Penjejak Warna, Skripsi (unpublished), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2011.
Published
2021-10-17
How to Cite
Putra, V., & Rizqullah, F. (2021). Kamera CMUCam2 untuk Hadirnya Fully Undetected Submarine. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 1, 171-174. Retrieved from https://aau.e-journal.id/senastindo/article/view/101

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.